Menyusuri Sejarah Penjara Koblen Bubutan

Penjara Koblen yang terletak di Jalan Koblen Surabaya ini menyimpan banyak peristiwa sejarah yang telah lalu. Penjara ini di gunakan para sekutu untuk memenjarakan tentara Jepang dan juga para pejuang Indonesia. Penjara Koblen atau Tangsi Koblen dibangun pada tahun 1930, Penjara Koblen berfungsi hingga pada tahun 1948 saja.

Penjara Koblen Bubutan mulai dikenal karena penjara ini mempunyai hubungan kisah dengan peristiwa Gerbong Maut yang terjadi pada tanggal 23 November 1947 itu. Penjara Koblen inilah yang menjadi saksi bisu para pejuang yang ditawan di penjara Bubutan.


Menyusuri bangunan Penjara Koblen saat ini yang tertinggal kokoh hanyalah tembok beton yang memutar, serta beberapa pos pantau yang masih bisa dilihat. Bangunan dalamnya sudah banyak yang hancur dan hanya berupa hamparan luas tak terawatt. Beberapa tahun yang lalu sempat ada perusahaan swasta yang membongkar sebagian besar bangunan Koblen yang tidak diketahui Pemkot, hingga tidak menyisakan bangunan dalamnya.

Terlihat Menara Pantau Penjara Koblen
Penjara Koblen juga menjadi saksi bisu perjuangan para pejuang saat menyerbu Penjara Koblen ini. Pertahanan Penjara Koblen begitu kuat, sehingga banyak di antara para pejuang gugur di lokasi ini. Para tawanan yang terpenjara di Penjara Koblen dibebaskan pada tahun 1948, sebagian besar para tawanan pada peristiwa 23 November pergi ke daerah Malang dan menetap disana.






Penjara Koblen Bubutan

 Alamat  Jalan Koblen Surabaya

 Jam Buka  -

 Catatan


 GPS Location Dibawah





Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment